Apakah Anda Sombong Tapi Rendah Hati (Atau Rendah Hati Tapi Sombong) ?

4 Aug 2013

13624520971588742241

Ilustrasi (foto: memegenerator.net)

Sombong tapi rendah hati? Memangnya ada orang yang sombong namun rendah hati? Ternyata ada.

Setidaknya itu yang aku saksikan dalam salah satu episode serial NCIS: LA beberapa waktu lalu. Berawal ketika Junior Special Agent Kensi Blye yang baru pulang dari gym mengeluh.

“Heran deh. walau aku keringatan, walau aku kumal, tetap ada aja cowok-cowok yang ngajak kenalan,” kata Kensi.

Rekan Kensi, Special Agent G. Callen dan Senior Field Agent Sam Hanna pun menimpali. “Itu yang namanya sombong tapi rendah hati…”

“What? Aku gak sombong kok,” timpal Kensi.

“Oh, kau sebenarnya bermaksud menyombongkan diri, namun diungkap dengan rendah hati,” kata Sam. “Secara tidak langsung kau mau bilang, sekalipun keringatan, kau tetap cantik dan menarik karena ternyata banyak cowok yang ingin kenalan…”

***

Begitu mendengar kabar bahwa rekan mereka, Marty Deeks, detektif LAPD yang diperbantukan di NCIS ditembak, Callen dan Sam berusaha keras mencari para penembak. Dalam perjalanan, di mobil, mereka mendiskusikan kecerobohan Deeks, yang selalu melakukan hal yang sama setiap hari. Setiap pagi, Deeks bangun di jam yang sama, dan melakukan hal yang sama yakni jogging. Deeks melalui rute yang sama, menempuh jarak yang sama, dan mendatangi warung yang sama.

“Itu kesalahan fatal. Seharusnya Deeks tidak melakukan hal yang rutin setiap hari,” kata Callen.

“Iya, betul,” timpal Hana. “Aku aja tiap pagi menempuh jalur yang berbeda. Aku bahkan mendaftar di beberapa pusat kebugaran menggunakan identitas dan nama yang berbeda…”

“Nah, itu namanya sombong tapi rendah hati,” olok Callen. Ketika Sam membantah, Callen melanjutkan,” Secara tidak langsung kau mau menyombongkan diri bahwa kau suka berolahraga bukan?”

***

Di rumah sakit, Kensi dan Deeks mendiskusikan siapa kira-kira yang bermaksud jahat dan melukai Deeks.

“Apakah kau punya musuh?” tanya Kensi.

“Sebagai detektif, musuhku banyak,” jawab Deeks.

“Itu namanya sombong tapi rendah hati,” kata Kensi sambil tertawa.

“Sombong tapi rendah hati? Apa maksudnya?”

“Secara tidak langsung kau mau menyombongkan diri kan? Jika seorang polisi punya banyak musuh, artinya dia banyak memenjarakan orang jahat. Dan hanya polisi yang hebat yang bisa memenjarakan banyak penjahat…”

***

Dialog di atas terjadi di film (setidaknya itu yang aku ingat. gak persis-persis amat tapi garis besarnya begitu, hehehe). Bagaimana di dunia nyata? Apakah sombong tapi rendah hati juga terjadi di dunia nyata?

Kalau dilihat-lihat sih, jawabannya ya. Banyak orang yang sebenarnya bersikap sombong, namun membungkusnya dengan sikap yang rendah hati.

Apa yang dilakukan Kensi, realitanya juga banyak dilakukan perempuan. Mungkin Anda pernah mendengar rekan perempuan Anda yang ‘mengeluh’ dan bilang,” Heran deh. Aku kan gak dandan? Kok cowok-cowok itu liatin aku terus sih?” Ini sombong yang rendah hati karena secara tidak langsung perempuan itu mau bilang, sekalipun gak dandan, dia ternyata masih punya daya tarik bagi sejumlah cowok.

Versi yang sedikit berbeda bisa ditemui pada kalimat,” Orang itu rabun kali ya? Masak ketika aku dan putriku jalan bareng, kami disangka kakak-adik?” Ini sombong yang rendah hati. Secara tidak langsung ibu itu mau mengatakan bahwa dia awet muda, karena disangka ‘kakak’ ketika jalan bareng dengan anak perempuannya.

Anda mungkin pernah mendengar rekan sekantor yang mengeluh,” Sialan, Pinggangku sakit. Rupanya main golf itu bisa bikin sakit pinggang ya?” Ini sombong yang rendah hati. Secara tidak langsung si rekan mau mengatakan bahwa dia baru saja main golf.

***

Sombong pada dasarnya merupakan sifat alamiah manusia. Dan kecenderungan untuk berikap sombong itu bisa muncul. Dan itu wajar. Ada beberapa yang memilih sombong dengan kata-kata: ketika berujar nadanya penuh keangkuhan, selalu berbicara yang ‘kelas atas’, dan sebagainya.

Ada juga yang memilih ’sombong tanpa kata-kata’. Yang model begini, memilih bersikap sombong melalui cincin berlian yang dipakai, merek tas yang harganya milyaran rupiah, mobil mewah keluaran terbaru, dan sebagainya.

Sebagian lagi, memilih sikap ’sombong tapi rendah hati’. Sikap sombong yang dibungkus sedemikian rupa sehingga tidak kentara.

***

Sombong, mungkin merupakan salah satu sifat yang harus dihindari. Tapi karena sombong memang merupakan sifat alamiah manusia, terkadang sukar bagi kita untuk tidak bersikap sombong. Jadi, jika kapan-kapan Anda merasa perlu untuk bersikap sombong, silakan menyombongan diri. Dengan catatan, Anda melakukannya dengan rendah hati, hehehehe

So, apakah Anda termasuk pihak yang sombong namun rendah hati?

p.s

Jika ada teman pembaca yang menuding bahwa tulisan ini merupakan contoh ’sombong tapi rendah hati’, karena secara tersirat penulisnya mau menyombongkan diri sebagai penggemar NCIS: LA, dengan rendah hati aku mengakui bahwa tuduhan itu benar. Aku memang penggemar NCIS: LA, juga CSI, Hawaii Five O, NCIS, Castle dsb dsb….hehehe


TAGS sombong rendah hati ncis la csi hawaii five o nics castle


-

Author

Follow Me