Obat Tradisional: Khasiat Daun Sirih dan Bawang Merah

8 Sep 2013

Akhir minggu di rumah kayu…

SENANGNYA. Akhir minggu seperti ini, ketergergesaan tak hadir di rumah. Semua rileks. Dee bahkan juga membiarkan anak- anak main dan sarapan dulu sebelum mandi, berbeda dengan hari biasa ketika mandi harus dilakukan di awal hari.

Sinar mentari melimpah.

Dee turun ke halaman, menghampiri tanaman sirih disana. Lalu memetiki daun- daun sirih itu. Batuknya sudah sembuh, jadi kali ini dia tak memetik sirih untuk membuat obat batuk.

2d99657e9e1d33d36b35e11a47e0c84d_daun-sirih

Sirih memang multifungsi.

Dari apa yang pernah dibacanya, daun sirih mengandung minyak atsiri yang bisa membunuh kuman, bersifat antioksidan dan juga anti jamur.

Daun sirih juga bisa menyembuhkan luka dan menghentikan perdarahan ( karenanya daun sirih sangat populer digunakan untuk menghentikan mimisan ), dan juga berkhasiat mengobati gangguan pencernaan serta mengeluarkan dahak.

Kali ini Dee merebus daun sirih untuk digunakan mandi oleh anak- anak.

Ketiga anaknya biasa mandi dengan air sirih. Terutama si kembar yang masih kecil, sebab daya tahan tubuhnya belum sebaik kakak sulung mereka, Pradipta, Dee mengupayakan agar anak- anak kembarnya itu dimandikan dengan air rebusan daun sirih beberapa kali seminggu.

Dalam hal ini Dee menggunakan air rebusan daun sirih sebagai antiseptik. Selain membunuh kuman, Dee juga menyukai keharuman sirih yang menempel pada kulit anak- anak setelah mereka dimandikan dengan air rebusan daun sirih ini.

***

Dee mempercayai khasiat obat- obatan tradisional. Karenanya dia menghafalkan banyak resep tradisional terutama dari bahan- bahan yang mudah didapat di sekitarnya.

Bukan sekali atau dua kali jika si kecil demam, misalnya, Dee memberikan pertolongan pertama dengan bawang merah pada anak- anak mereka.

Bawang merah, bagaimanapun, selalu tersedia di dapur mereka. Maka saat anak- anak agak demam atau masuk angin, Dee biasa menggunakan bawang merah yang sudah dibelah lalu digosokkan ke punggung dan dada anak- anak — dengan cara yang sama seperti sedang melakukan kerikan.

Pada banyak saat, demam anak- anak mereda.

Bawang merah, merupakan pembunuh bakteri, anti radang dan juga bisa menurunkan panas serta memudahkan pengeluaran angin dari perut. Itu yang Dee tahu. Dia pernah juga membaca bahwa bawang merah berguna juga untuk menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Bahkan konon menurut penelitian terbaru, bawang merah juga bisa mencegah kanker.

Dee mengagumi banyak ciptaan Tuhan yang disediakan begitu banyak, begitu berlimpah di alam ini. Dari begitu banyak hal, tumbuhan berkhasiat obat adalah salah satu yang membuat Dee selalu berpikir betapa Sang Maha Mengetahui sebenarnya telah menyediakan banyak hal di dunia ini, dan pada akhirnya tergantung pada para manusia untuk bisa memaanfaatkan, kemudian menjaga dan melestarikan semua kekayaan alam itu…

p.s. i love you


TAGS daun sirih bawang merah obat tradisional obat tradisional batuk obat tradisional masuk angin mimisan tanaman obat


-

Author

Follow Me